Feb 16, 2012

Penyebab Internet ADSL Lambat dan Dormant atau Sering Disconnect.

Penyebab Internet ADSL lambat dan tidak sesuai dengan kecepatan yang di subscribe oleh kita disebabkan beberapa faktor, salah satunya adalah sebagai berikut:

Satu hal yang sering kita lupa yang sangat berpengaruh terhadap kecepatan dan kesetabilan koneksi speedy atau boleh dibilang koneksi dsl kita. Selain faktor di atas ada faktor link line telp ke tempet kita atau ke modem kita. Jika koneksi telpon kita ke modem bisa di pastikan koneksi internetnya tidak bisa stabil dan cepat.

Disini karena yang umum adalah menggunakan speedy, aku mencontohkan jika kita ambil paket office maka kemungkinan kecepatannya up to 1 mbps, dilapangan koneksi up to 1 mbps bisa sampe 1 mbps beneran jika link dsl kita bagus. Ingat link dsl jelek atau tidak nya itu bukan tergantung dari modem, mau di ganti merek dan tipe apapun modem kalo link dls nya emang jelek ya gak bisa bagus.

Faktor yang menyebabkan link dsl kita jelek adalah buruknya kabel telp yang mungkin udah beberapa tahun atau puluhan tahun gak di ganti ganti, bisa juga terminal terminal telp yang menhubungkan kabel kabel telp kita sudah usang alias udah perlu di perbaharui hehehe.

Untuk mengecek bagus tidaknya link dsl kita bisa di liat dari snr margin yang ada di setiap modem, ada lagi yang namanya Line attenuation. dimana nilai SNR margin ini semakin baik semakin bagus dan untuk nilai Line attenuation ini semakin kecil semakin bagus.

Untuk speedy up to 1 mbps harus jika SNR marginnya 11 – 19 maka kecepatannya bisa mencapai 600 – 800 kbps, jika di bawah itu kemungkinan cuma dapet 300 – 400 kbps malah sering putus. Jika kita ambil paket 2 mbps maka SNR marginnya harus tinggi, kebanyakan yang dapet kecepatan 1,7 – 1,8 mbps pada speedy upto 2 mbps itu SNR marginnya mencapai angka 37.
Kalau cuma mendapatkan angka SNR Margin 8 – 20 itu kaya speedy ku cuma dapet link 1024 kbps padahal aku pake speedy yang 2 mbps
Jadi kalau koneksi speedy terasa lambat coba cek snr margin dan line attenuation nya.

Untuk nilai lebih lengkap nya bisa cek bawah.

Jadi jangan hanya menyalahkan share, proxy, ruter yang kurang bagus settingannya tp link kondisi link dsl nya juga.
nah jika mau mendapatkan link dsl yang bagus, nah itu urusannya harus komunikasi sama orang telkomnya. bisa kita minta ganti kabel atau minta tolong benerin link dsl kita biar lebih maknyus.
mudah mudahan berguna.

Tabel 1: Klasifikasi SNR_Margin (Signal-to-Noise Margin)
* Makin TINGGI makin BAIK
29,0 dB ~ ke atas = Outstanding (bagus sekali)20,0 dB ~ 28,9 dB = Excellent (bagus) • Koneksi stabil.11,0 dB ~ 19,9 dB = Good (baik) • Sinkronisasi sinyal ADSL dapat berlangsung lancar.07,0 dB ~ 10,9 dB = Fair (cukup) • Rentan terhadap variasi perubahan kondisi pada jaringan.00,0 dB ~ 06,9 dB = Bad (buruk) • Sinkronisasi sinyal gagal atau tidak lancar (ter-putus²).Tabel 2: Klasifikasi Line Attenuation (Redaman pada Jalur)
*Makin RENDAH makin BAIK00,0 dB ~ 19,99 dB = Outstanding  (bagus sekali)20,0 dB ~ 29,99 dB = Excellent (bagus)30,0 dB ~ 39,99 dB = Very good (baik)40,0 dB ~ 49,99 dB = Good (cukup)50,0 dB ~ 59,99 dB = Poor (buruk) • Kemungkinan akan timbul masalah koneksi (tidak lancar, dsb).60,0 dB ~ ke atas  = Bad (amburadul) • Pasti akan timbul banyak gangguan koneksi (sinyal hilang, tidak bisa  connect, dsb).


Referensi: www.deskapahendri.com & www.opensource.telkomspeedy.com

5 comments:

  1. TQ Aertikelnya, Ini nih Masalah Yang Saya Sering Alami ...

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Klu msalah sy adl
    Klu habis sy matikan routernya bgitu sy hidupkan balik kadang hilang sinyal alias lampu internetnya mati (disconnect)
    Penyebabnya apa ya ?????......

    ReplyDelete
  4. Biasanya itu adalah masalah di kualitas hardwarenya (baik modem/saluran kabel telepon), terus ulangi hingga lampunya nyala, jika sudah sangat parah, coba ganti modem, atau perbaiki kabel teleponnya.

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar..
Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya ^_^